by

ALI ATAS HASIBUAN KOMITMEN MAJUKAN DESA HUTARAJA LAMO

ali-alatas

PALAS detikperistiwa.com–-Pesta demokrasi enam tahunan di tingkat desa secara serentak akan digelar di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas), dalam waktu dekat. Tim seleksi panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Palas telah menjadwalkan, pelaksanaan Pilkades secara serentak di 109 desa pada12 wilayah kecamatan se-Palas akan dilaksanakan pada tanggal 17 Desember nanti.

Di wilayah Kecamatan Sosa, setidaknya sebanyak 51 calon kepala desa (cakades) dari 21 desa yang akan bertarung pada monentum Pilkades Serentak Palas tahun 2017 ini. Salah satunya adalah Cakades Ali Atas Hasibuan, SH, dari Desa Hutaraja Lamo, dengan nomor urut 1 tanda gambar Padi, yang turut serta bertarung di Pilkades nanti.

Saat ditemui wartawan, Kamis (8/12), pria kelahiran Desa Hutaraja Lamo, pada tanggal 16 Oktober 1981 ini mengaku, dirinya berkeinginan maju menjadi pemimpin di tanah kelahirannya itu, karena sebagai putra daerah asli merasa terpanggil untuk membangun dan lebih memajukan lagi anggota warga masyarakat dan Desa Hutaraja Lamo.

“Sebagai putera daerah asli, saya terpanggil secara moral dan tanggung jawab sosial untuk terus membangun dan lebih memajukan lagi warga masyarakat kami dan juga wilayah Desa Hutaraja Lamo. Saya mengakui, hasil pembangunan di desa kami, yang kini sudah dilakukan oleh kepala desa (kades) saat ini sudah lebih baik. Hal ini lah yang akan saya majukan lagi,” ucap Atas.

“Sesuai data yang ada, saat ini jumlah warga masyarakat di Desa Hutaraja Lamo sebanyak 702 kepala keluarga atau sekitar 3600-an jiwa, dengan luas wilayah desa sekitar 2.400 ha. Selain industri agri bisnis, desa ini juga memiliki potensi yang cukup banyak untuk bisa digali, dikembangkan dan lebih dimajukan lagi di masa mendatang,” ungkapnya.

Potensi-potensi tersebut, lanjutnya, seperti pada sektor perkebunan, pertanian, peternakan sapi dan kambing, juga potensi perikanan air tawar, yang bisa dibudidayakan warga masyarakat untuk menambah pendapatan ekonominya, seperti lubuk laranfan di sepanjang aliran Sungai Sosa yang melintasi wilayah desa ini, terang Ketua Koperasi Tani Sinar Pajar (KTSP) ini.

“Selain fokus membangun dan memajukan potensi-potensi desa yang telah tersedia, dalam urusan administrasi dan pengelolaan pemerintahan desa, saya tetap menggunakan asas keterbukaan publik, seperti yang selama ini saya jalankan di organisasi KTSP,” ujarnya bersahaja.

Sementara itu, Ahmad Yani Siregar, satu tokoh pemuda desa setempat menyatakan, dirinya sudah cukup mengenal lebih dalam sosok Ali Atas Hasibuan lewat aktifitasnya sebagai Ketua KTSP Desa Hutaraja Lamo, yang terus giat-giatnya memperjuangkan hak atas tanah plasma masyarakat desa.

“Saya cukup kenal dengan sosok kepemimpinan Saudara Ali Atas Hasibuan, selaku Ketua KTSP Desa Hutaraja Lamo dalam memperuangkan hak tanah plasma masyarakat desa. Informasi yang bisa saya berikan, selama dalam kepengurusan KTSP, masyarakat diberikan pelayanan administrasi dan keterbukaan dalam pengelolaan keuangan koperasi,” sebutnya.

“Dengan sistem keyerbukaan informasi tersebut, sehingga hampir tidak ada persoalan yang muncul dalam pembagian hak plasma keoada setiap anggota KTSP. Nah, dari pengalaman yang cukup baik ini, wajar saja masyarakat Desa Hutaraja Lamo mendorong sosok Ali Atas Hasibuan sebagai pemimpin di desa kami untuk masa yang akan datang,” katanya.

Sebagian warga masyarakat Desa Hutaraja Lamo menyakini, di bawah kepemimpinan Ali Atas Hasibuan, situasi dan kondisi pembangunan di desa ini yang kini dirasakan sudah baik, akan lebih baik lagi, apalagi sistem keterbukaan yang selama ini dijalankan di organisasi KTSP, akan ditingkatkan Ali Atas Hasibuan saat kemimpin organisasi pemerintahandi Desa Hutaraja Lamo.

“Apalagi dia putera daerah asli desa ini, tentu beliau akan lebih serius untuk membangun dan lebih memajukan lagi tanah kelahirannya,” pungkas Yani. (Maulana Syafii).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed