by

GEMPA PIJAY 12 RIBU RUMAH RUSAK 102 KORBAN TEWAS

tewas-gempa_

PIDI JAYA detikperistiwa.com-Hingga hari ke empat musibah gempa masih banyak korban rumah rusak di Samalanga belum terdata secara akurat.

 

Badan Penanggulangam Bencana Daerah (BPBD) Bireuen terus melakukan pendataan.

Kepala BPBD Bireuen, Farhan Husein, Sabtu (10/12) mengharapkan masyarakat yang mengalami korban gempa baik rumah rusak, ruko, sarana umum, sekolah dan lainnya segera melapor ke Posko di depan kantor camat Samalanga untuk didata secara akurat.

 

Sehingga tidak ada korban rumah rusak dan lainnya tidak terdata sama sekali.

 

Plt Bupati Bireuen, Ir Mukhtar MSi meminta tim pendataan untuk mendata akurat mulai dari gambar rumah rusak baik berat maupun, gambar tingkat kerusakan, foto copy KTP pemilik rumah rusak dan keterangan dari kepala desa agar tidak bermasalah nantinya.

 

Berdasarkan BNPB  ada 12 ribuan rumah rusak, yakni  105 ruko runtuh, 12.560 unit rumah rusak ringan hingga berat, 49 masjid roboh,dan 1 RSUD Pidie Jaya rusak berat,  ada 41 rumah rusak ringan hingga berat, 1 masjid rusak berat, satu bangunan sekolah rusak, dan satu kilang padi rusak. Sementara itu, di Kabupaten Pidie, ada 40 rumah rusak.

 

Berdasarkan data terbaru dari BNPB total ada 102 korban tewas, 1 hilang, 136 luka berat, 616 luka ringan serta 10.029 mengungsi.

Gempa bumi di Pidie Jaya terjadi dengan kekuatan 6,5 SR sekitar pukul 05.36 WIB, Rabu, 7 Desember 2016. Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 5,25 Lintang Utara dan 96,24 Bujur Timur, tepatnya di darat pada jarak 106 kilmeter arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km. (MA)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed