by

WARGA BANJAR CONOCO BANGUN MASJID MIFTAHUL JANNAH

bangun-m

PALASdetikperistiwa.com-Untuk memudahkan ratusan warga yang bermukim di Banjar Conoco Desa Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas), dalam melaksanakan ibadah sholat, ratusan warga di sini membangun sebuah masjid, yang peletakkan batu pertamanya dilaksanakan pada Hari Jumat (9/12).

“Mengingat jarak menuju masjid Nurul Jannah yang cukup jauh dari tempat tinggal kami, dan juga kondisi masjidnya sudah tidak mampu menampung jumlah jemaah sholat jum’at setiap minggu maupun pada pelaksanaan sholat tarawih di bulan ramadhan. Maka, kami di sini bermufakat membangun masjid,” sebut Ketua Panitia Pembangunan Masjid, Drs. Mulia Hasibuan

“Ukuran bangunan masjid yang dinamai Masjid Miftahul Jannah ini seluas 12 dikali 12 meter, dibangun di atas tanah wakaf dari Ginda Hasibuan dan H. Suhemi Daulay. Luas tanah keseluruhan 32 dikali 30 meter, termasuk di dalamnya tanah seluas11 dikali 30 meter yang kami beli,”terangnya.

Kegiatan pembangunan masjid ini, lanjutnya, semata-mata dibiayai secara swadaya oleh masyarakat di sini, karena memang sudah membutuhkan keberadaan masjid di sini. “Direncanakan pada pelaksanaan sholat tarawih dan tadarusan di bulan ramadhan tahun 2017 nanti bangunan masjid sudah bisa kami gunakan,” sebutnya

Menurutnya, dengan adanya masjid di sini, nantinya anak-anak di Banjar Conoco sekitarnya sudah bisa beraktivitas mengaji di masjid. “Selain secars swadaya dalam pembangunan masjid ini, kami juga berharap adanya dukungan dana dari Pemkab Palas dan para dermawandalam proses pembangunan masjid ini,” harapnya.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) H. Marasaib Harahap didampingi Ketua MUI Sosa, H. Ahmad Imam Nawawi Daulay yang berkesempatan melakukan peletakkan batu pertama pembangunan masjid itu menyatakan, tanah pertapakan masjid tersebut sudah dibuatkan akta ikrar wakafnya pada tahun 2013 di kantor KUA Sosa

“Memang, sesuai ikrar wakafnya tanahna diperuntukkan bagi pembangunan masjid. Dengan begitu, berarti ada penambahan 1 unit masjid di Kecamatan Sosa dan itu masuk dalam pendataan pada kantor KUA Sosa,” ujarnya.

“Tentu keberadaan masjid ini nantinya akan memudahkan warga di sini dalam beribadah. Harapan kita, setelah masyarakat rajin beribadah, bisa tercapat pembangunan karakter bangsa dalam mewujudkan situasi dan kondisi yang kondusif di tengah masyarakat, terutama dalam mewujudkan revolusi mental di tengah masyarakat kita,” pungkasnya. (Maulana Syafii).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed