H Sukiman Resmikan Jalan Simpang Pir – Desa Dayo Tandun

ROKAN HULU–Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman meresmikan penggunaan jalan Simpang Pir menuju Desa Dayo, Kecamatan Tandun.

Peresmian jalan sepanjang 3,7 Kilometer ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati H Sukiman.

Jalan ini merupakan akses utama masyarakat tiga desa yakni Bono Tapung, Tapung Jaya dan Desa Dayo.

Adapun pendanaan dari pembangunan jalan ini bersumber Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi dan APBD Perubahan kabupaten tahun 2018 sebesar Rp 12 miliar.

Pada peresmian penggunaan jalan itu, hadir Ketua PKK Hj Peni Herawati, Kepala Dinas PURR Rohul Anton ST, MM, di damping Kabid Jalan dan Jembatan Kahairul Fahmi, ST dan beberapa Kepala OPD lainnya, beberapa anggota DPRD Rohul, Camat Tandun serta Kepala Desa se-Kecamatan Tandun.

H. Sukiman mengatakan, jalan Simpang PIR yang diresmikan ini merupakan jalan utama masyarakat tiga desa yakni Bono Tapung, Tapung Jaya dan Desa Dayo, sejak lama didambakan masyarakat untuk diaspal.

“Alhamdulillah sudah terealisasi. Kita mengucapkan terima ksih kepada pihak-pihak yang telah sama-sama memperjuangkan hingga kita dapatkan bantuan ini,” kata H Sukiman di sela-sela peresmian, Jumat (11/1/2019)

H Sukiman menjelaskan, adapun pendanaan dalam pengaspalan jalan ini bersumber dari Bankeu Pusat sebesar Rp12 miliar untuk 2,7 kilometer.

Sementara untuk 1 kilometer lainnya bersumber dari APBD Perubahan Pemkab Rohul 2018.

Ditegaskannya, pengaspalan jalan Simpang Pir-Desa Dayo ini terus akan berlanjut. Hal ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Daerah dalam mengentaskan pembangunan terutama jalan dan jembatan.

“Ini masih awal, kita akan upayakan pengaspalan berikutnya bisa berlanjut, sebab akses jalan ini sidah berpuluh-puluh tahun dinanti masyarakat,” jelasnya.

Atas telah dilakukannya pengaspalan jalan ini, H Sukiman meminta peran serta masyarakat memelihara jalan agar tetap kering, sehingga daya tahan aspal tetap terawat dan tidak mudah pecah.

“Adanya pengaspalan jalan sangat berdampak positif buat masyarakat baik membawa hasil perkebunan ke pabrik, maupun menuju keluar desa dari biasa jarak tempih 30 menit, sekarang bisa 3 menit,” tuturnya.

“Karena itu harus ada peran masyarakat ikut menjaga agar jalan tetap kering, hingga aspal tidak mudah pecah,” pinta Bupati lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Rohul Anton ST MT menerangkan secara gamblang, penyelesaian jalan simpang Pir-Dayo akan dilanjutkan tahun 2019 sepanjang 3 Km yang didanai dari APBD murni tahun 2019 sebesar Rp10 miliar.

“Perencanaan pengaspalan jalan hanya sampai Bukit Suligi. Sebab, jalan di atasnya merupakan jalan perusahaan, nantinya Bupati akan bekerjasama dengan pihak PTPN V dan perusahaan yang ada di seputar Desa Pendalian,” pungkas Anton mengakhiri.

(Asep/ril)***

No Response

Leave a reply "H Sukiman Resmikan Jalan Simpang Pir – Desa Dayo Tandun"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.