MONITORING DD TAHAB 3 DI TUGUMULYO SESUAI DENGAN HARAPAN 

MUSI RAWAS – Kegiatan monitoring lebih terfokus pada kegiatan yang akan dilaksanakan. Monitoring dilakukan dengan cara menggali untuk mendapatkan informasi secara regular berdasarkan indikator tertentu, dengan maksud mengetahui apakah kegiatan yang sedang berlangsung sesuai dengan perencanaan dan prosedur yang telah disepakati.

Indikator monitoring mencakup esensi aktivitas dan target yang ditetapkan pada perencanaan program.

Apabila monitoring dilakukan dengan baik akan bermanfaat dalam memastikan pelaksanaan kegiatan tetap pada jalurnya (sesuai pedoman dan perencanaan program).

Juga memberikan informasi kepada pengelola program apabila terjadi hambatan dan penyimpangan, serta sebagai masukan dalam melakukan evaluasi.

Secara prinsip, monitoring dilakukan sementara kegiatan sedang berlangsung guna memastikan kesesuaian proses dan capaian sesuai rencana, tercapai atau tidak.

Bila ditemukan penyimpangan atau kelambanan maka segera dibenahi sehingga kegiatan dapat berjalan sesuai rencana dan targetnya.

Jadi, hasil monitoring menjadi input bagi kepentingan proses selanjutnya. Sementara evaluasi dilakukan pada akhir kegiatan, untuk mengetahui hasil atau capaian akhir dari kegiatan atau program.

Hasil Evaluasi bermanfaat bagi rencana pelaksanaan program yang sama diwaktu dan tempat lainnya.

Dalam hal ini Camat Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas berserta perangkatnya melaksanakan monitoring Dana Desa (DD) tahab 3 tahun 2018.

Dalam monitoring ini dihadiri pihak Babinsa, Polsek, Babinkamtibmas BPD, Pendamping Desa berikut dengan warga ada di desa tersebut.

Ikut turut kelapangan untuk melihat fisik yang dibangun di desa masing-masing pada tahab 3 DD anggaran tahun 2018

Menurut Camat Tugumulyo Imam Musadar melalui Kasi PMD saat dibincangi Rabu (16/1/2019) menyampaikan dalam hal ini pihaknya hanya melakukan monitoring di tahab 3 tahun 2018 ini saja, untuk melihat bangunan fisik yang dibangun.

“Alhamdulilah semua sesuai dengan harapan kami karena dilihat semua nya sesuai dengan prosudur dan RAB,” ungkapnya

Secara terpisa Menurut kades M Sitiharjo Darmanto mengungkapkan kalau bangunan ditahab 3 ini.

“Saya bangun di antaranya talut dan drainase berikut dengan jalan setapak dan semua itu alhamdulilah selesai dengan baik, ” ungkapnya.

Lanjutnya, dia sangat senang dengan adanya monev seperti ini karena dengan adanya monev ini

“Kita akan lebih tau yang mana di pembangunan yang dilaksanakan tersebut ada yang tidak sesuai dwngan aturan maka di sanakan lagsung ada penindakan, ” katanya.

“Tapi alhamdulilah pembangunan di dasa saya baik dari tahab 1 sampai tahab 3 ini berjalan dengan baik sesuai dengan harapan pemerintah,” bebernya.

(Andika Saputra)

No Response

Leave a reply "MONITORING DD TAHAB 3 DI TUGUMULYO SESUAI DENGAN HARAPAN "

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.