by

GAJAH LIAR RUSAK KEBUN PETANI A

gajah-liar

ACEH UTARA detikperistiwa.com-Belasan gajah liar merusak kebun petani di kawasan Alue Rime, Kecamatan Pirak Timu, Kabupetan Aceh Utara, Provinsi Aceh, sejak empat hari terakhir.

“Kami belum tahu pasti luas kerusakan terhadap kebun para petani di kawasan ini,” jelas tokoh masyarakat Alue Rime, M Isa, kemarin

Para petani, menurutnya, sudah berupaya mengusir gajah dengan alat seadanya, seperti menggunakan meriam bambu, obor, dan mercon. Setelah diusir menggunakan alat tradisional itu, gajah hanya akan pergi sebentar, kemudian gajah kembali lagi ke kebun.

Gangguan gajah liar tersebut, bukanlah kali pertama terjadi di kawasan itu. “Biasanya gajah liar ini keluar dan mendatangi kebun pada malam hari. Sementara pada siang harinya, gajah tersebut jarang terlihat di kebun petani,” kata Isa.

Di kawasan Alue Rime, tambah M. Isa, sejumlah petani menanam berbagai jenis tanaman, seperti sawit, kakao, karet, pohon rambutan, pisang, cabai, hingga pohon durian. “Petani yang berkebun di daerah kami, tidak hanya warga Desa Alue Rime, tetapi ada juga masyarakat dari luar desa, seperti Cunda, Panton Labu, dan daerah lainnya,” jelas Isa. (MA)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed