by

MURI: BUPATI TANGERANG PELOPOR INSPIRASI KEBERSIHAN NASIONAL

berih

TANGERANG detikperistiwa.com–Dalam Hari Ulang Tahun (HUT)  Kabupaten Tangerang Ke-73, Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mebuat terobosan jitu dan startegis, karena hampir 1.800 masyarakat dilibatkan dalam aksi memberihkan sampah, kegiatan ini langsung dicatat Museum Rekor Indonesia (MURI) 2016 sebagai pelopor kebersihan nasional.

 

Kegiatan ini dipusatkan di Situ Kelapa Dua Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang. Kamis, (22/12). Selain dihadiri, Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar, terlihat hadir Wakil Bupati Tangerang H. Hermansyah, Sekda Iskandar Mirsad, Senior Manager MURI Jusuf Ngandri beserta jajaran, Unsur Forkominda, Para Kepala SKPD dan unsur lapisan masyarakat Se-Kabupaten Tangerang.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Tangerang, H. Achmad Taufik mengatakan perlu ditingkatnya budaya gotong-royong kerja bakti baik di perkotaan maupun di pedesaan, sehingga permasalahan sampah ini bukan hanya tugas pemerintah semata melainkan tugas bersama baik dari pemerintah maupun elemen masyarakat.

 

“ Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini memberikan edukasi dan contoh bagi jajaran pemerintah, pendidikan, dunia usaha dan lapisan masyarakat hidup bersih itu sangat penting,” katanya.

 

Jumlah  yang dilibatkan targetnya 140.000 peserta, maka pihaknya berusaha kegiatan ini tercatat pada rekor MURI sebagai kegiatan kebersihan melibatkan peserta terbanyak. Kegiatan Gemilang Tangerang Bersih melebihi target semula 140.000 peserta, namun yang ikut berpartisipasi lebih dari 180.000 peserta dari berbagai unsur lapisan elemen masyarakat Kabupaten Tangerang mulai dari Pemerintah Tingkat Kabupaten, Kecamatan, Unsur TNI, Polri, Organisasi PKK, Dharma Wanita Persatuan, hingga pelajar SD, SMP, dan SLTA di wilayah Kabupaten Tangerang.

bersih-2

“Kegiatan ini berlangsung sekitar satu setengah jam dan kebersihan masal ini, kami sebut aksi (22/12). Lokasi seremonial di Situ Kelapa Dua Kecamatan Kelapa Dua dan tersebar di 274 Desa/Kelurahan Se-Kabupaten Tangerang,” jelasnya.

 

Masih di tempat yang sma, Senior Manager Museum Rekor Muri Indonesia (MURI) Jusuf Ngandri mengucapkan terima kasih kami telah diundang untuk menjadi saksi dalam kegiatan kebersihan masal, ini merupakan momen yang sangat penting dan luar biasa. Berbagai macam prestasi luar biasa telah tercatat MURI sebanyak dua ribu lebih.

 

“MURI sangat mengapresiasi tinggi terhadap Kabupaten Tangerang terutama kepada Bupati Tangerang telah mengerahkan seluruh lapisan elemen-elemen unsur masyarakat untuk melakukan kebersihan masal,  karena atas bimbingan, arahan dan pembinaan Bupati Tangerang  rekor MURI ini akan terpecahkan Kabupaten Tangerang,” urainya.

bersih

“Kami akan senang karena rekor baru akan diraih Kabupaten Tangerang, catatan kebersihan masal seperti ini yang diharapkan  kami, karena Bupati Tangerang sangat luar biasa bisa mengumpulkan 180.000 orang bahkan yang kami lihat mungkin lebih dari itu,” ucapnya.

 

Jusuf Ngandri menambahkan, kebersihan masal ini dapat berjalan berkelanjutan dan Kabupaten Tangerang menjadi pelopor inspirasi untuk memotivasi daerah lainnya di seluruh Indonesia agar melakukan kegiatan serupa. “Jika semua daerah termotivasi untuk melaksanakan gotong-royong bersama untuk membersihkan wilayahnya masing-masing, saya yakin Indonesia bisa bersih,” paparnya.

 

Kemduian, Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar menyampaikan kini sampah merupakan menjadi suatu permasalahan, pemerintah daerah terus berupaya dan telah menyediakan armada truk pengangkut sampah dan gerobak motor sampah di tiap kecamatan serta akan terus di tambah sarana dan prasarana untuk penanganan sampah di setiap wilayah Kabupaten Tangerang.

 

 

Dalam HUT Kabupaten Tangerang Ke-73 kegiatan Gemilang Tangerang Bersih ini,  dilaksanakan di 274 Desa/Kelurahan Se-Kabupaten Tangerang secara serentak melaksanakan kebersihan masal, Tentunya kegiatan ini dapat mengurangi permasalahan sampah khususnya di Kabupaten Tangerang.

 

“Momen ini bukan hanya sekedar untuk mendapatkan MURI saja melainkan kita harus perangi sampah mulai dari diri kita, rumah kita dan lingkungan kita agar terwujudnya Gemilang Tangerang bersih, serta meningkatkan kesadaran kepada masyarakat agar membiasakan membuang sampah pada tempatnya,” ucapnya.

berih1

Zaki menambahkan, pembuangan sampah ini akan dibawa ke tempat TPA Jatiwaringin dan akan dilelang terbuka kepada swasta, 3 sampai 4 perusahaan untuk dapat mengelola TPA tersebut agar menjadi energi di Kabupaten Tangerang. “ Saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang untuk melakukan gerakan kebersihan tapi harus dilakukan secara berkelanjutan,” pungkasnya.

 

Selain itu, sambung Zaki,  bertepatan pada tanggal 22 Desember 2016 ini merupakan Hari Ibu Nasional. “Saya ucapkan selamat Hari Ibu kepada seluruh Ibu semuanya, karena tanpa Ibu tidak akan ada tokoh pahlawan, tidak akan ada seorang pemimpin karena Ibu itu segalanya,” urainya. (Hms).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed