KAPENDAM I/BB KLARIFIKASI TERKAIT VIRALNYA VIDEO ANGGOTA TNI DI RUMKIT SIANTAR.

Medan detikperistiwa. com – Menanggapi Viralnya video terkait Komandan Koramil 10 Balimbingan Kodim 0207/Sml, Kapten Inf Leo Sianturi

A. Kronologis dugaan tidak mendapatkan perlakuan perawatan baik tersebut :

1. Pada hari Kamis tanggal 24 Januari 2019 pukul 11.30, Kapten Inf Leo Sianturi Danramil 10/Balimbingan masuk ke RST Pematangsiantar yang mengalami sakit Asam Urat dan dilakukan opname menggunakan BPJS Kesehatan diruang Anggrek RST Pematang Siantar.

2. Pukul 14.00, Kapten Inf Leo Sianturi Danramil 10/Balimbingan melakukan operasi Asam urat di ruang UGD RST Pematangsiantar.

3. Pada Jumat 25 Januari 2019 pukul 08.00 wib, perawat mengecek seluruh pasien, pada saat itu perawat melihat Kapten Inf Leo Sianturi sedang makan kerupuk dan ditegur oleh perawat karena tidak makan nasi yang disediakan rumah sakit.

4. Atas teguran perawat RST, Kapten Inf Leo Sianturi merasa tidak senang dan marah atas penyampaian teguran oleh perawat rumah sakit yang membawa nama keluarga.

5. Pukul 11.00, Kapten Inf Leo Sianturi meninggalkan RST Pematang Siantar dalam kondisi masih diinfus dan bergerak ke RS. Vita Insani mengendarai angkutan umum.

6. Saat Kapten Leo Sianturi berada di RS. Vita Insani, pihak rumah sakit tidak menerimanya karena tidak ada surat rujukan dari RST Pematang Siantar.

7. Pukul 12.00, Kapten Leo Sianturi menghubungi anggota Koramil Serka Bambang untuk datang ke RS. Vita Insani dan memintanya agar mengantar ke Kantor BPJS untuk membuat laporan pengaduan.

8. Setibanya di Kantor BPJS, Kapten Inf Leo Sianturi dijemput oleh perwakilan RST Kapten Hutabarat agar kembali ke RST, namun Kapten Leo Sianturi tidak mau dan meminta media untuk meliput perkataannya dan disebarkan ke media sosial.

B. Saat ini, Kapten Inf Leo Sianturi dirawat di Ruang Anggrek Kamar 358 RS Vita Insani Pematangsiantar dan diberikan rujukan dari RST Pematang Siantar

Kapendam I/BB Kolonel Inf Roy Hansen Sinaga menegaskan, seluruh prajurit TNI-AD yang datang berobat ke rumah sakit pasti dilayani dengan maksimal. Sampai sejauh ini seluruh Rumkit di jajaran Kodam I/BB telah berbenah untuk memberikan pelayanan terbaik.

“Pelayanan terbaik akan diberikan kepada perwira hingga tamtama, semuanya akan mendapat pelayanan yang sama. Jangankan beliau (Kapten Leo Sianturi), seluruh prajurit kita layani maksimal. Sejauh ini, kita sudah membenahi pelayanan kesehatan yang ada di Rumkit-Rumkit kita demi kesehatan prajurit seluruh Kodam I/BB,” kata Roy Hansen melalui selulernya, Jumat (25/1/2019).

Roy Hansen Sinaga mengatakan, bahwa sikap emosional Kapten (Inf) Leo Sianturi merupakan kesalahpahaman saja dengan pihak rumah sakit. Saat itu, Kapten (Inf) Leo Sianturi hanya ditanya siapa yang mendampingi untuk mengambil makanan dan siapa yang menjaga selama dirawat.

“Beliau sensitif saat itu. Dengan pertanyaan itu emosinya langsung terpicu. Jadi ini hanya salah paham saja. Beliau mungkin lagi naik darah tingginya,” tandas Roy Sinaga.

Terkait dengan permasalahan yang sudah viral di media sosial, Roy Hansen Sinaga mengatakan tak akan memberikan sanksi. Kodam I/BB hanya memberikan nasihat dan mencoba meluruskan peristiwa tersebut.

Peristiwa seperti ini diharapkan tidak terulang kembali, lanjutnya soal kesalah pahaman pelayanan kesehatan prajurit di rumkit-rumkit jajaran Kodam I/BB bisa diselesaikan secara baik-baik.( Jelas Kapendam).

No Response

Leave a reply "KAPENDAM I/BB KLARIFIKASI TERKAIT VIRALNYA VIDEO ANGGOTA TNI DI RUMKIT SIANTAR."

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.