Rocky Gerung Akankah Dipidana ?

No comment 50 views

Teringat sebuah ucapan seorang Ahli Filsafat Voltaire. “Saya tidak setuju dengan yang saudara katakan, tapi saya akan mati -matian membela hak saudara untuk mengatakan itu.

Kebebasan berpendapat, argumentasi, menyampaikan ide, gagasan merupakan watak dari negara demokrasi.

Rezim otoriter tidak akan memberikan leluasa bagi individu, kelompok, masyarakat untuk menyampaikan argumentasi secara bebas ataupun leluasa. Demokrasi tanpa Hukum akan melahirkan negara bar – bar.

Tradisi dalam dunia Barat seperti Eropa dan Amerika adalah negara yang menjamin kebebasan bagi setiap Individu, Kelompok atau masyarakat, Namun kebebasan itu dibatasi oleh hukum.

Rocky Gerung , dengan keilmuan, kecerdasan serta kemahirannya dalam retorika mengatakan di forum ILC bahwa *Kitab Suci * adalah Fiksi.

Pernyataan itu membuat publik diseantaro negeri ini menjadi ricuh serta menimbulkan perdebatan di kalangan Mahasiswa, Cendikiawan, Akademisi, Praktisi Hukum, Para ulama atau Tokoh Agama.

Bagi Dunia Eropa, Amerika, Kalangan masyarakat Barat pernyataan Rocky gerung tidak terlalu menimbulkan polemik atau masalah . Kelompok Atheis, Agnostik tentu tidak akan pernah mempermasalahkan, bahkan sampai melaporkan statemen Rocky Gerung ke pihak Kepolisian.

Pasca ucapan Rocky Gerung di ILC Lapian dan Abu Janda melaporkan RG dalam kasus penistaan Agama.

Media Televisi, Media Online, Media Cetak sibuk menuliskan berita mengenai Rocky Gerung, secara tidak langsung tercipta Ketokohan RG .

Saya pribadi mengakui orisinalitas, karakter dan intelektualitas Rocky Gerung sebagai pengamat dan menguasai dan memahami Filsafat.

Indonesia Negara Hukum (Rechtstaat). Individu yang melanggar hukum harus mempertanggungjawabkan perbuatanya secara Hukum .

Konteks hukum pidana kita mengenal Asas Nullum Delictum Nula Poena Siene Pravia Lege poenali yaitu perbuatan baru bisa dihukum jika ada aturan tertulis terlebih dahululu.

Rocky Gerung di duga melanggar Pasal 156 KUHP mengenai Penistaan Agama dengan ancaman pidana penjara selama 4 Tahun .

Pernyataan Rocky Gerung mengenai Kitab Suci Fiksi menurut saya pribadi tidak memenuhi unsur Pasal 156 KUHP mengapa ? Karena tidak ada Unsur Kebencian, Permusuhan, Penghinaan yang dilakukan oleh RG . Pengertian Kata Fiksi adalah Imajinasi. Bukan Fiktif yang memiliki arti Kebohongan.

Jika pihak kepolisian memaksakan proses ini sampai kepada tahapan pelimpahan ke Kejaksaan serta bergulir di Pengadilan ini adalah sebuah bentuk Abuse of Power, menjadi preseden buruk dalam sejarah Dunia Intelektual .

Budaya masyarakat indonesia akan semakin tergerus ke arah saling lapor, saling tuntut, saling fitnah , saling menuduh serta menumbuh suburkan watak * Kebencian, Arogansi * di Taman Sari Indonesia.

Semangat toleransi, keberagaman, cinta damai, kasih kiranya yang merajut semangat persaudaraan bangsa Indonesia. Ayo bung Sebarkan Kedamaian dan Kasih Merdeka Merdeka

(Gabe Sinaga)

No Response

Leave a reply "Rocky Gerung Akankah Dipidana ?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.