CJH Halsel Akan Jalani Pemeriksaan Kesehatan Tahap Satu

HALMAHERA SELATAN – Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) yang akan berangkat pada musim haji tahun 2019, mulai Rabu (6/2/2019), akan menjadi pemeriksaan kesehatan tahap satu. 

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Halsel, Hasyim H Hamzah kepada awak media, membenarkan jadwal pemeriksaan kesehatan tahap satu bagi CJH berlangsung besok. Sebelumnya, pada Senin (4/2/2019), para CJH Halsel melaksanakan senam kebugaran untuk memastikan tingkat kebugaran pada masing-masing jamaah. 

Dikatakan, untuk persiapan keberangkatan CJH Halsel tahun 2019 yang sesuai kuota berjumlah 198 orang, saat ini sedang dalam proses penyelesaian pembuatan paspor. “Tinggal menunggu jadwal pembuatan paspor, karena saat ini sedang dalam persiapan,”jelasnya. 

Untuk persiapan lainnya, Kemenag Halsel juga telah menggelar manasik mandiri untuk CJH yang dilaksanakan dua kali dalam satu bulan yang berlangsung sejak Desember 2018 lalu.

Manasik mandiri yang baru dilaksanakan dalam dua musim haji belakangan ini dimaksudkan agar selain para jamaah dapat lebih mendalami materi ibadah haji juga untuk saling mengenal lebih awal antara satu dengan yang lain sehingga kelak keberangkatan dan pelaksanaan ibadah haji di tanah suci dapat saling membantu.

“Jadi sambil menyelesaikan pemberkasan paspor kita juga sudah melakukan pembinaan manasik mandiri sejak desember lalu, ini kegiatan sifatnya tanpa anggaran. Jadi dilakukan lakukan secara mandiri dalam bentuk sistem rombongan dan regu,” jelasnya. 

Lebih lanjut, terkait pelunasan biaya ibadah haji, Kemenag Halsel masih menunggu penetapan besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dari Pemerintah Pusat.

“Kalau untuk jadwal pelunasan, kita masih menunggu penetapan BPIH. Kalau sudah ditetapkan besaran BPIH tahun ini maka dipastikan sudah akan dibuka jadwal pelunasan BPIH,” tandasnya. 

(anto)

No Response

Leave a reply "CJH Halsel Akan Jalani Pemeriksaan Kesehatan Tahap Satu"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.