Perkembangan Rumput Laut di Bobahena Cukup Pesat

Hendro: Target Bulan Ini Panen Rumput Laut Sebanyak 500 Ton

JAILOLO – Perkembangan potensi rumput laut di Desa Bobanehena Kecamatan Jailolo saat ini bisa dibilang cukup pesat.

Pasalnya, budidaya rumput laut yang dikelolah oleh petani rumput laut Desa Bobanehena itu, saat ini menargetkan hasil panen mencapai 500 ton.

Pembeli hasil rumput laut Hendro N. Soleman, saat ditemui wartawan dilokasi pelabuhan Cold Stroage Desa Tuada Kecamatan Jailolo, Sabtu (9/2/2019) meyatakan, saat ini panen rumput laut sudah dilakukan oleh petani dan dalam satu hari rumput laut yang dipanen sebanyak 10 ton, sehingga ditargetkan kalau sampai selesai panen, rumput laut yang dihasilkan bisa mencapai 500 ton.

“Saya yakin hasil rumput laut bisa capai 500 ton, karena sesuai bahan budidaya yang saya kasih ke petani. Jadi hasil budidaya rumput laut yang saya targetkan 500 ton itu, belum kering tapi masih basah,” ungkapnya.

Hendro mengaku, setelah panen, petani tidak lagi menjemur rumput laut, karena hasil panen langsung dijual tanpa harus dilakukan pengeringan.

Rumput laut yang dijual masih dalam keadaan basah itu, karena lokasi penjemuran rumput laut tidak lagi memadai, sehingga rumput laut dijual masih dalam keadaan basah.

“Untuk memudahkan petani menjemur rumput laut, saat ini saya sudah siapkan lokasi pembangunan tempat penjemuran rumput laut seluas 5X500 meter, sementara tinggal menunggu proses pekerjaan,”katanya.

Ia menambahkan, harga rumput laut yang ia beli dari petani per kilo Rp. 11 ribu, untuk rumput laut yang sudah kering, tapi kalau rumput laut yang masih basah harganya Rp. 1000 rupiah per kilo.

“Kalau kami beli yang basah perkilo Rp. 1000 itu petani masih untung, karena perbandingan rumput laut 10 kilo yang masih basa sama saja dengan rumput laut 1 kilo yang kering, jadi perkiraan 10 banding 1,” jelasnya.

Hendro berharap, masyarakat mau melakukan budidaya rumput laut, karena dirinya akan memberikan semua fasilitas yang dibutuhkan.

“Kalau ada masyarakat yang mau melakukan budidaya rumput laut, saya siapkan bibit dan semua fasilitas budidaya,”ujarnya.

Terpisah Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Halbar Agustinus Mahole menyatalan, DKP sangat mensuport kegiatan budidaya rumput laut, karena budidaya rumput laut menjadi target produk unggulan di Halbar.

“Kami akan terus memberikan pendampingan kepada kelompok budidaya, agar ekspansi lahan budidaya dapat dipercepat, karena dukungan investasi swasta saat ini sangat bersemangat,”pungkas Agus.

(anto)

No Response

Leave a reply "Perkembangan Rumput Laut di Bobahena Cukup Pesat"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.